Program C++ Input dengan Meggunakan Spasi

Program C++ Input dengan Meggunakan Spasi

Spacebar

Hallo, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menginputkan kata dengan menggunakan spasi pada bahasa C++. Pada tutorial sebelumnya, kita sudah mempelajari cara untuk melakukan input dan output, namun kita belum bisa menggunakan spasi, lalu bagaimana caranya? Untuk melakukan input dengan spasi, kita bisa menggunakan getline, untuk pembahasannya, silahkan simak post kali ini dengan baik. Post ini dilengkapi dengan source code dan penjelasan. 


Untuk melakukan input dengan menggunakan spasi, ada dua cara, yaitu dengan menggunakan array dan string, tentu saja kita harus menyertakan getline. Berikut hasil run program dengan menggunakan spasi:

Output 1 - Input dengan spasi.

Cara 1 - Dengan Array:

Source Code:


 

Penjelasan:

char kata[35];

char kata[35]; adalah sebuah array yang akan kita gunakan untuk menampung kata yang akan kita inputkan. Apa itu array? array adalah sekumpulan nilai dengan tipe data yang sama. Kita bisa lihat, pada variabel kata, terdapat angka 35, artinya variabel kata dapat menyimpan maksimal 35 kata. Untuk pembahasan mengenai array, akan kita lakukan pada post-post selanjutnya.

std::cin.getline(kata, 35); 

std::cin.getline(kata, 35); adalah kode yang kita gunakan agar bisa menginputkan kata dengan spasi. Jika input biasa hanya menggunakan std::cin, maka untuk menginputkan dengan spasi pada cara 1 kita harus memberikan tambahan getline, juga perlu diperhatikan, di sini kita tidak membutuhkan simbol >>. Selain itu, di dalam getline, kita masukkan nama array yang sudah dibuat tadi beserta ukuran dari array tersebut.

 

Cara 2 - Dengan String:

Source Code:


 

Penjelasan:

std::string kata;

std::string kata; adalah sebuah variable bertipe data string yang digunakan untuk menampung kata yang akan kita masukkan.

std::getline(std::cin, kata);

std::getline(std::cin, kata); adalah cara ke dua untuk menginputkan kata dengan menggunakan spasi. JIka di cara pertama kita harus melakukan seperti ini: std::cin.getline, maka di cara ke dua ini kita menulis langsung getline nya, seperti ini: std::getline, baru lah di dalam getline kita tulis std::cin dan nama dari variabel yang akan kita gunakan, sehingga menjadi seperti ini: std::getline(std::cin, kata);

Lalu, mana yang lebih baik, cara pertama atau kedua? Hmm... penulis sendiri lebih sering menggunakan cara kedua karena pada cara pertama kita harus mendefinisikan ukuran dari arraynya, sedangkan kita tidak pernah tahu berapa banyak kata yang akan diinputkan oleh user.

Demikian post kali ini, jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.

Post a Comment

4 Comments