Program Cin Ignore dengan C++

Program Cin Ignore dengan C++

Ignore
Hallo, pada post kali ini kita akan belajar mengenai std::cin.ignore. Apa itu std::cin.ignore? pada dasarnya std::cin.ignore adalah kode yang berguna untuk meng-ignore sebuah new line. Kenapa? hal ini karena ketika kita menginputkan sesuatu dengan menggunakan std::cin, maka akan ada sebuah new line dan ketika kita menginputkan sesuatu dengan getline, maka yang terjadi justru kita tidak bisa menginputkannya, karena new line yang tercipta dari std::cin tadi, maka dari itu lah kita gunakan std::cin.ignore ini.


Inilah yang akan terjadi jika kita tidak menggunakan std::cin.ignore:

Output 1 - "Masukkan Kata" langsung dilewati karena tidak menggunakan std::cin.ignore

Output 2 - Menggunakan std::cin.ignore sehingga "Masukkan Kata" bisa diinputkan.

Setelah mengetahui gambaran singkat mengenai std::cin.ignore, sekarang kita akan membuat programnya. Seperti biasa, pada post ini akan ada source code, penjelasan, video dan kalian juga bisa mendownload source nya secara langsung yang ada di paling bawah post ini. Oke, berikut ada soal pemrogaman c++ yang akan kita kerjakan.

 

Soal:

1. Buatlah program untuk meminta user menginputkan data berupa angka, karakter dan kata, lalu menampilkan data yang sudah diinputkan tadi.

Output 3 - Hasil run program dari soal yang akan kita buat.

 

Source Code:

 

Penjelasan:

int nilai; // untuk menampung angka
char karakter; // untuk menampug karakter
std::string kata; // untuk menampung kata/kalimat

Kode di atas digunakan untuk membuat variable dengan tipe data integer, char dan string. Tujuannya adalah untuk menampung setiap input yang kita lakukan.

std::cin.ignore(1, '\n');

Pada dasarnya, ketika kita menginputkan sesuatu dengan menggunakan std::cin, maka akan ada sebuah new line yang otomatis muncul, dan jika di bawah baris tersebut kita melakukan input dengan menggunakan getline, maka yang terjadi justru baris tersebut akan dilewati dan kita tidak bisa melakukan input seperti yang kita inginkan. Lalu, bagaimana solusinya? di sinilah kegunaan dari std::cin.ignore. Angka 1 dan '\n' yang ada di dalam kurung berarti kita meng-ignore 1 buah baris baru, sehingga kita bisa melakukan input seperti yang kita mau.


std::getline(std::cin, kata);

std::getline(std::cin, kata); adalah kode yang digunakan untuk melakukan input dengan menggunakan spasi, kita sudah mempelajarinya pada post sebelumnya.

Demikian tutorial kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih.

Post a Comment

2 Comments