Menampilkan Bilangan Hexa Decimal dan Octal dengan C++

Menampilkan Bilangan Hexa Decimal dan Octal dengan C++

Ilustrasi

Hallo semua, pada post kali ini kita akan belajar mengenai bilangan hexa, decimal dan octal. Apa itu bilangan hexa? apa itu bilangan decimal? apa itu bilangan octal? Berikut adalah penjelasannya:

 

Hexadesimal

Hexadecimal atau heksadesimal dalam bahasa indonesia adalah bilangan basis 16. Jadi pada bilangan ini, nilai awalnya adalah 0 - 9, kemudian dilanjutkan dengan A untuk 10, B untuk 11 dan seterusnya sampai 15 atau F.

 

Desimal

Decimal atau desimal adalah bilangan sehari-hari yang kita gunakan. Ini adalah bilangan yang dimulai dari 0 - 9. Kalian pasti sudah sangat paham dengan ini.

 

Oktal

Octal atau oktal adalah bilangan basis 8. Pada bilangan ini, jumlahnya hanya ada 8, yaitu dimulai dari 0 - 8.

Setelah mengetahui pengertian dari tiap-tiap jenis bilangan di atas, sekarang kita akan membuat program untuk menampilkan bilangan tersebut. Berikut adalah soal pemrograman yang akan kita kerjakan. Seperti biasa, penulis menyediakan source code, penjelasan, video dan source code yang bisa kalian download secara langsung di paling akhir post ini. Ini adalah soal yang akan kita kerjakan:

 

1. Buatlah program untuk menampilkan bilangan basis 16 (hexa), basis 10 (decimal) dan basis 8 (octal).

Output 1 - Hasil run program yang akan kita buat 

Source Code:


Penjelasan:

int nilai;

int nilai; adalah variabel yang kita buat, variabel ini bertipe integer (decimal) yang nantinya akan digunakan untuk menampung angka yang kita inputkan.

std::cout << "Masukkan Nilai : ";
std::cin >> nilai;

Kode di atas berguna untuk meminta user menginputkan angka.

std::hex, std::dec dan std::oct

std::hex, std::dec dan std::oct adalah kode yang digunakan untuk mengubah angka dari desimal (integer) menjadi hex, dec atau oct. Caranya adalah dengan meletakkan kode tersebut di depan nama variabel yang sudah kita buat. Contoh: std::hex << nilai. Maka, ketika program dijalankan, akan ditampilkan bilangan hexa, begitu juga dengan dec dan oct, caranya sama, yaitu meletakkannya di depan variabel yang sudah kita buat, seperti ini: std::cout << "Oct\t: " << std::oct << nilai << std::endl;


Jika kalian ingin mengecek, apakah hasil yang kalian dapatkan sudah benar atau belum, kalian bisa mengunjungi website ini. Untuk mengubah angka, kalian hanya perlu memasukkan angka yang ingin kalian ubah ke kolom decimal atau kolom apapun yang kalian ingin ubah angkanya, maka hasil koversi untuk bilangan lain akan terlihat, seperti ini:

Gambar 1 - Pembuktian hasil konversi.

Demikian post kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih.

Post a Comment

2 Comments

  1. I really appreciate the kind of topics you post here. Thanks for sharing us a great information that is actually helpful. Good day! hex to decimal conversion

    ReplyDelete