Membuat Gambar Rumah dengan Menggunakan GL_LINES - Grafika Komputer


Halo! Pada kesempatan kali ini kita akan membuat gambar rumah. Terdapat tiga gambar rumah yang akan dibuat. Gambar rumah tersebut akan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Di sini kita akan menggunakan module OpenGL agar tujuan kita bisa tercapai.

Rumah
Gambar di atas merupakan contoh dari gambar rumah yang akan kita buat. Pastikan semua hal yang berhubungan dengan OpenGL sudah terinstall di laptop atau komputer yang akan digunakan untuk bekerja. 

Untuk pengguna Linux distro Ubuntu atau Debian yang belum menginstall OpenGL bisa mengikuti langkah-langkah berikut:


Jika semua sudah terinstall, silahkan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Pertama, kita harus mengimport beberapa module di bawah ini. GL berguna untuk hal-hal yang berkaitan dengan 3D. GLU adalah module yang mendukung GL. Sedangkan GLUT adalah module yang berkaitan dengan window interface.


Selanjutnya, kita akan membuat sebuah function yang bernama init. Function ini berguna untuk memberikan warna latar belakang, memberikan ukuran koordinat, dan ukuran dari titik atau point. Sebenarnya, di sini kita tidak akan menggunakan titik, melainkan garis. Namun, jika kalian ingin menggunakan titik, ukuran yang berlaku untuk titik tersebut adalah 10. Warna latar belakang yang akan muncul adalah hitam, sedangkan batas koordinatnya adalah 100 untuk setiap sisi. Konsep warna yang digunakan adalah RGBA. 


Berikutnya, kita akan membuat sebuah function yang bernama plotlines. Function ini berguna untuk membuat garis. Bisa diperhatikan pada bagian GL_LINES. Ketika membuat garis, hal yang perlu diperhatikan adalah awal mula garis tersebut dan di mana garis tersebut berhenti. Pada contoh di bawah ini, garis tersebut akan di mulai pada -80.0 dan berhenti di 80.0. Sedangkan posisi tinggi rendahnya garis tersebut berada pada 0.0. Sangat jelas bahwa di sini kita menggunakan koordinat kartesius (x, y).


Terakhir, kita akan membuat function main. Function ini berguna untuk menentukan ukuran window, posisi window, judul pada window, dan menampilkan sesuatu yang kita ingin tampilkan. Pada kasus ini kita akan menampilkan garis, sehingga kita tulis plotlines pada glutDisplayFunc. Jangan lupa untuk memanggil function main agar program yang kita buat bisa berjalan.


Untuk menjalankan program, silahkan gunakan perintah berikut ini.


Maka, ketika program dijalankan akan muncul tampilan seperti ini.

Sebuah garis lurus.
Baiklah, sekarang kita sudah cukup mengerti basic dari OpenGL. Di sini kita akan benar-benar membuat gambar rumah. Tentu baris code yang dihasilkan akan jauh lebih banyak dari pada contoh code di atas.

Semua source code untuk ketiga gambar rumah tersebut tersedia di akun  GitLab saya. Namun, pada post ini saya hanya akan menampilkan satu source code saja, sisanya silahkan kunjungi akun GitLab saya. Akun tersebut akan saya cantumkan di akhir postingan ini.

Untuk mempermudah kita dalam pembuatan gambar rumah, ada baiknya kita membuat sebuah blueprint. Blueprint yang dibuat berupa gambar sederhana terhadap rumah tersebut. Tujuannya, agar kita dapat melihat dengan lebih mudah terhadap koordinat-koordinat tersebut.  Tidak harus, tetapi di sini saya membuat sebuah blueprint sederhana, kira-kira seperti ini.

Blueprint sederhana.

Berikut adalah source code untuk membuat rumah yang pertama.


Source code terlihat sangat panjang karena penuh dengan koordinat untuk membuat rumah. Berikut adalah tampilan dari ketiga rumah yang kita buat.


Rumah 1
Rumah 2
Ruma 3

Untuk melihat source code rumah kedua dan ketiga, silahkan kunjungi akun GitLab rizkyramadhan28.

Demikian postingan kali ini, semoga membantu.

Post a Comment

0 Comments