Membuat Matahari dengan Menggunakan OpenGL - Grafika Komputer

Photo by Ivana Cajina on Unsplash
Halo! Pada kesempatan kali ini kita akan membuat sebuah objek berbentuk matahari. Matahari ini dibuat dengan menggunakan kumpulan segitiga yang dirotasi.

Sekadar menambah pengetahuan, menurut Wikipedia, rotasi adalah perputaran benda pada suatu sumbu yang tetap, misalnya perputaran gasing dan perputaran bumi pada poros/sumbunya.

Untuk melakukan rotasi, kita membutuhkan sudut. Sudut yang bernilai positif akan menghasilkan putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam, sedangkan sudut dengan nilai negatif akan menghasilkan putaran yang searah dengan jarum jam.

Pada OpenGL rotasi dapat dilakukan dengan memanggil fungsi berikut ini. Berikan nilai '1.0' untuk sumbu yang kalian inginkan, biarkan '0.0' untuk sumbu yang lain. Jika kalian ingin melakukan rotasi pada sumbu x dan y, artinya kalian perlu memberikan nilai '1.0' pada sumbu x dan y.


Baiklah, sekarang saatnya membuat matahari. Untuk membentuh objek tersebut, segitiga yang dibuat akan dirotasi pada sumbu z. Selain itu, kita akan menggunakan GL_TRIANGLES. GL_TRIANGLES akan membentuk objek segitiga yang berwarna.

Berikut adalah source code untuk membuat objek matahari dengan menggunakan OpenGL. Sudut yang ada pada source code di bawah ini berasal dari proses trial error saya ketika membentuk objek matahari. Jika kalian memiliki algoritma atau teknik yang lebih baik, silahkan tinggalkan komen di bawah.


Jika program dijalankan, maka akan muncul tampilan seperti ini.

Matahari dengan Menggunakan GL_LINE_LOOP
Matahari dengan Menggunakan GL_TRIANGLES
Seperti biasa, project ini dapat kalian temukan di GitLab saya, rizkyramadhan28. Demikian post kali ini, semoga bermanfaat.

Post a Comment

1 Comments